CINTA TANAH AIR

Cinta tanah air ialah perasaan cinta terhadap bangsa dan negaranya sendiri. Usaha membela bangsa dari serangan penjajahan. Dalam cinta tanah air terdapat nilai-nilai kepahlawanan ialah: Rela dengan sepenuh hati berkorban untuk bangsa dan Negara.

Cinta Tanah Air sama halnya dengan Patriotisme, kata Patriotisme berasal dari Kata patria yang berarti bangsa atau tanah air. Kata isme dalam kata patriotisme adalah ajaran, semangat, atau dorongan. Jadi, kata patriotisme memiliki arti ajaran atau semangat cinta tanah air. Para pejuang yang gugur membela bangsa disebut pahlawan. Cinta mereka pada bangsa dan tanah air Indonesia tidak bisa diragukan lagi.

Sikap cinta tanah air seharusnya dapat ditanamkan sejak dini, cinta terhadap tanah airnya sendiri dapat dilakukan mulai dari hal yang sangat kecil, misalnya : selalu memakai produk negrinya sendiri, bangga akan hasil produk negrinya sendiri, menjaga tanah airnya atau tidak merusak nama baik tanah airnya sendri.

Cinta terhadap tanah airnya sendiri, berarti cinta terhadap tanah kelahirannya, tempat dimana dia dilahirkan dan dibesarkan. Seharusnya sikap cinta tanah air sudah tertanam di diri pribadi masing-masing. Ikut serta melestarikan budaya itu juga merupakan salah satu sikap yang menunjukkan bahwa kita mencintai tanah air kita yang mempunya beragam budaya, suku dan bangsa.

Seharusnya dengan rasa cinta terhadap tanah air kita dapat berbangga, karena  kita lahir di tanah air tercinta, tanah air yang kaya akan hasil buminya yaitu Tanah Air INDONESIA. Dan seharusnya kita patut mensyukuri atas semua yang sudah Tuhan berikan kepada kita.

Kita harus bangga terhadap Tanah Air Indonesia, cintailah tanah air kita, budayakan dan lestarikan budaya yang ada.

Hasil karya sendiri ^^

Depok, 19 Februari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: